Selasa, 08 April 2014

Pemograman Seleksi dan Kondisi Modul 2


MODUL II
SELEKSI DAN KONDISI



Program pada modul 2 ini menggunakan struktur kontrol switch-case. Struktur switch ini melibatkan keyword seperti case, break, dan default. Dimana ‘switch’ ini berfungsi sebagai ‘header menu’ pada sebuah proses program. Case berfungsi sebagai isi dari program yang mewakili dari ‘header menu’. Jadi pada program ini kita bisa memilih sebuah menu, seperti gambar di bawah.
 






PROGRAM 2.1

#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  int kode_bulan;
  cout << "masukkan kode bulan [1 - 12] : " << endl;
  cin >> kode_bulan;
 



 switch (kode_bulan)
  {
     case 1 :
       cout << "bulan januari " << endl;
       break;
       case 2 :
       cout << "bulan februari " << endl;
       break;
       case 3 :
       cout << "bulan maret " << endl;
       break;
       case 4 :
       cout << "bulan april " << endl;
       break;
       case 5 :
       cout << "bulan mei " << endl;
       break;
       case 6 :
       cout << "bulan juni " << endl;
       break;
       case 7 :
       cout << "bulan juli " << endl;
       break;
       case 8 :
       cout << "bulan agustus " << endl;
       break;
       case 9 :
       cout << "bulan september " << endl;
       break;
       case 10 :
       cout << "bulan oktober " << endl;
       break;
       case 11 :
       cout << "bulan november " << endl;
       break;
       case 12 :
       cout << "bulan desember " << endl;
       break;
       default:
       cout << "maaf, anda salah kode bulan" << endl;
      
   }
}


Untuk program 2.1 ini, menjelaskan tentang kode bulan, jadi jika diinput angka dari 1 s/d 12, maka akan muncul nama bulan di outputnya. Jika diinput angka lebih dari 12, maka program akan mengatakan “maaf, anda salah kode bulan”. “Case” ini bisa dikatakan sebagai sebuah paket yang bisa dipilih menu nya. “default” berfungsi untuk memberi tahu bahwa, menu yang diinput, tidak tersedia pada program. Kesalahan pada program ini terdapat pada “ cout << masukkan kode bulan [1 - 12] : " << endl;” karena tidak ada tanda petik di awalnya.
Default harus memakai tanda titik dua “ : “ di belakangnya.  Untuk hasil programnya , bisa dilihat seperti gambar di bawah ini




PROGRAM 2.2
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  char pilihanmenu;
 
  cout << "\n 1. rumus menghitung luas segitiga";
  cout << "\n 2. rumus menghitung luas persegi panjang";
  cout << "\n 3. rumus menghitung luas lingkaran";
  cout << "\n rumus pilihan anda : ";
  cin >> pilihanmenu;
 
  switch (pilihanmenu)
  {
       case '1' :
     { 
       int L,T,Luas;
       cout << "\n 1. rumus menghitung luas segitiga\n";
       cout << "panjang alas  : "; cin >> L;
       cout << "tinggi segitiga  : "; cin >> T;
       Luas = 0.5*L*T;
       cout << "luas segitiga  : " << Luas << "\n";
     }
     break;
    
     case '2' : 
     {
      
       float P,L,Luas;
       cout << "\n 1. rumus menghitung luas persegi panjang\n";
       cout << "panjang  : "; cin >> P;
       cout << "lebar  : "; cin >> L;
       Luas = P*L;
       cout << "luas  : " << Luas << "\n";
     }
     break;
    
       case '3' :
     { 
       int pi,r,Luas;
       cout << "\n 1. rumus menghitung luas lingkaran\n";
       cout << "jari-jari  : "; cin >> r;
       pi = 3.14;
       Luas = pi*r*r;
       cout << "luas lingkaran  : " << Luas << "\n";
     }
     break;
    
     default : cout << "maaf, salah pilih rumus";
  }
 

}

Program 2.2 ini menjelaskan tentang pilihan paket menu dalam matematika. Program ini juga menggunakan fungsi switch-case , dimana isi dari case itu sendiri adalah merupakan proses dasar dari program pada modul-modul sebelumnya.



Pada case 1 dijelaskan tentang mencari luas segitiga, dengan rumus Luas = ½.a.t. dalam program ini , dipilih menu nomor 1 yaitu, rumus mencari luas segitiga. hasil case dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
 



                                                                                            



              Pada case 2 dijelaskan tentang rumus mencari luas persegi panjang, dengan rumus Luas = P x L. Dalam proses program diatas, dipilih menu nomor 2, yaitu mencari luas persegi panjang. Dengan hasilnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.
LATIHAN 2.3
              Latihan 2.3 ini adalah program untuk mencari luas lingkaran, yaitu pada menu case 3. Dengan rumus  . dalam program diatas , dipilih menu nomor 3, yaitu mencari luas lingkaran. Dengan hasilnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar