Senin, 02 Maret 2015

LAPORAN PERAKITAN KOMPUTER

BAB I
PENDAHULUAN

          CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Yang mana fungsinya adalah seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat pemprosesannya, fungsi utamanya adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang daiambil memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras seperti papan ketik,pemindai,tuas control, maupun tetikus.
CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan.instruksi-instruksi tersebut disimpan terlebih dahulu pada RAM yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori dan selanjutnya CPU dapat mengakses data-data pada RAM.
Diatas adalah sekilas penjelasan tentang CPU, pada bab selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara merakit sebuah CPU.











BAB II
PEMBAHASAN

Dalam merakit sebuah CPU banyak yang harus diperhatikan secara teliti, termasuk dengan kabel-kabel yang akan menghubungkan komponen satu ke komponen lainnya. Berikut ini merupakan tahapan cara merakit sebuah CPU :

Yang pertama kita lakukan adalah memasangkan power supply pada bagian sebelah kiri atas dan dieratkan dengan memasang baut atau skrup nya.
Power Supply CPU


Kedua adalah kita membuka klip pada slot RAM, dengan memegang sisi RAM dimasukkan RAM dengan posisi dan arah yang benar setelah itu RAM ditekan maka klip akan tertutup dengan sendirinya, yang harus diperhatikan adalah susunan slotnya, jika tidak sesuai maka RAM tidak akan terpasang atau tidak berfungsi.


Tempat Peletakkan RAM

Ketiga adalah memasangkan processor pada Motherboard dengan meletakkan sesuai dengan lekukan processor, setelah ditutup kunci dengan tuas,

Tempat Peletakkan Processor

selanjutnya adalah memasang heatsink, pada saat memasangkan pastikan heatsink tidak terbalik. Pasta termal diberikan pada bagian atas processor setelah itu di sejajarkan kaki-kaki heatsink pada lubang untuk memasangkannya.



Cara memasangnya dengan cara menekan 4 penguncinya, lalu memory dipasang pada slot disamping kanan heatsink, dikaitkan pada ujung slot memory setelah itu kabel heatsink dipasangkan pada motherboard.
Setelahnya NIC dipasang pada motherboard dan dikaitkan dengan kerangka CPU menggunakan mur atau baut.
Setelahnya Wireless NIC pada motherboard dikaitkan dengan kerangka CPU menggunakan mur atau baut.


Video Adapter juga dipasangkan ke motherboard dikaitkan dengan menggunakan mur atau baut.


Pada bagian tengah kerangka CPU dipasang harddisk, harus dipaskan lubangnya pada kerangka CPU menggunakan mur atau baut.
Optical drive dipasangkan dari bagian depan atau luar lalu dikaitkan juga menggunakan mur atau baut.

Setelahnya kabel PATA pada motherboard dipasang dengan melihat susunan slotnya, untuk kabel floppy pada motherboard dipasang dengan melihat susunan slotnya, lalu kabel SATA dipasang pada motherboard sesuai dengan melihat susunan slotnya juga.

Kerangka CPU ditutup dengan menggunakan Case Panel dikaitkan dengan menggunakan baut secara kencang dan pas.


Kabel monitor dipasang pada kerangka CPU bagian  belakang atau luar sesuai dengan slotnya,dipasang juga kabel keyboard pada CPU yang berwarna ungu dibagian belakang atau luar sesuai dengan slotnya.

Kabel mouse dipasang pada kerangka CPU yang berwarna hijau dibagian belakang atau luar seuai dengan slot.

Kabel USB dipasang sesuai slot dengan benar dibagian belakang bagian tengahnya, lalu Ethernet dipasangkan dibagian bawah belakang CPU.
Lalu kemudian wireless antenna dipasang pada bagian bawah belakang CPU tepatnya dibagian Ethernet.
Terakhir Power cord dipasang pada bagian belakang CPU diatas kabel keyboard dan mouse.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan


            Dalam praktikum yang telah dilakukan, saya telah mengetahui fungsi-fungsi komponen yang ada didalam CPU dan juga termasuk mempraktekkan secara langsung dalam merakit CPU tersebut, apabila semua komponen dan kabel terpasang dengan rapi, teliti dan pas maka jika kabel power supply disambungkan ke sumber listrik CPU akan menyala dan berfungsi.

0 komentar:

Posting Komentar